UPAYA PENCEGAHAN COVID-19 MELALUI GERAKAN 3 M

(MEMAKAI MASKER,MENCUCI TANGAN DAN MENJAGA JARAK)

gerakan 3m

 

  • Cuci tangan Anda secara rutin.

Gunakan sabun dan air, atau cairan pembersih tangan berbahan alkohol.
Tindakan pertama yang dapat dilakukan untuk menangkal virus corona adalah dengan rajin mencuci tangan. Sebab, tangan adalah salah satu anggota tubuh yang menjadi sumber penyakit.Cuci tangan dengan durasi minimal 20 detik untuk membunuh virus corona menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan kain yang bersih atau tisu lalu gunakan hand sanitizer secukupnya.

  • Selalu jaga jarak aman .

cara sederhana guna menangkal virus corona yang kedua adalah hindari interaksi secara langsung seperti berpelukan, berjabat tangan, dan selalu jaga jarak minimal 1 meter .
Dengan menghindari kontak kulit dengan orang lain, maka Anda dapat mengurangi penyebaran virus corona.

  • Kenakan masker jika pembatasan fisik tidak dimungkinkan.

Virus corona tidak menyebar melalui udara. Namun, penggunaan masker dapat meminimalisir penularan virus corona. Sebab, virus corona dapat menyebar melalui droplets dan dapat masuk ke dalam tubuh melalui selaput lender seperti mata, mulut, dan hidung. Masker juga dapat digunakan ketika seseorang dalam kondisi yang kurang sehat. Hindari untuk menggunakan satu masker secara berulang-ulang. Sebab, masker dapat mengandung berbagai jenis kuman, bakteri, dan virus setelah dipakai.Penggunaaan masker yang baik adalah setiap 4 jam harus segera ganti masker yang lain dan masker yang telah dipakai segera di cuci dengan sabun agar bersih.

  • Saat batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung Anda dengan lengan atau tisu.

terapkan etika bersin dan batuk dengan benar menggunakan siku tangan bagian dalam atau tisu bersih. Sebab, cairan yang diproduksi pada saat batuk dan bersin tersebut dapat menjadi media penularan virus corona.Apabila Anda menggunakan tisu, maka segera buang ke tempat sampah dan cuci tangan menggunakan sabun hingga bersih dan kering kembali.

  • Jangan sentuh mata, hidung, atau mulut Anda.

selalu membersihkan tangan sebelum ke tempat umum. Apabila tangan menyentuh sesuatu saat berpergian,sebisa mungkin tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut.

  • Jangan keluar rumah jika merasa tidak enak badan.

bila sedang tidak enak badan,meriang,demam,pusing alangkah baiknya segera minum obat dan tidak keluar rumah agar segera sembuh.

  • Hindari Berbagi Barang Pribadi

Barang pribadi milik orang lain dapat saja meningkatkan risiko penularan virus corona. Sebab meskipun tidak nampak gejala, virus ini dapat menginfeksi tubuh manusia hingga berstatus sebagai silent carrier yang membawa dan menularkan virus corona covid-19 kepada orang lain. Maka dari itu, selalu gunakan barang sendiri dan hindari untuk meminjam barang pada orang lain. Hal tersebut merupakan langkah yang dapat dilakukan untuk menekan laju penyebaran virus corona yang berbahaya.

  • Cuci selalu bahan makanan yang diperoleh sebelum mengolahnya.

 Sebab, pada bahan makanan selalu saja terdapat kemungkinan adanya kuman, bakteri, hingga virus corona. Anda dapat mencuci bahan makanan sebelum disimpan di dalam lemari pendingin dengan menggunakan larutan hidrogen peroksida ataupun cuka yang dapat membunuh bakteri, kuman, dan virus dengan cukup efektif.

  • meningkatkan Imun Tubuh

Tidak hanya melakukan tindakan pencegahan di luar jaringan tubuh, namun Anda juga perlu melakukan tindakan pencegahan dari dalam tubuh. Caranya adalah dengan meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh terhadap berbagai virus termasuk virus corona covid-19,makan makanan 4 sehat 5 sempurna dan olah raga rutin.

  • Membersihkan perabot rumah.

Virus corona dapat menempel pada permukaan benda yang sering terjadi interaksi. Maka dari itu, bersihkan selalu perabotan rumah secara rutin. Bila perlu, semprotkan cairan disinfektan setiap pagi dan sore hari yakni sebelum dan setelah beraktivitas guna membunuh virus corona.

Go to top