bendung bersihSedia payung sebelum hujan, begitulah kata pepatah yang artinya kurang lebih berjaga-jaga sebelum bencana itu tiba. Disaat kondisi alam mulai beralih memasuki musim penghujan masyarakat sudah mulai mempersiapkan diri menyongsongnya. Bagi sebagian petani, musim penghujan sangatlah dinanti karena pertanda musim tanam padi akan segera di mulai, begitu juga musim penghujan sangat di tunggu bagi sebagian masyarakat karena harapan munculnya air di sumur sumur penduduk yang sudah kering karena kemarau panjang melanda.

Tak terkecuali bagi masyarakat Dusun Sekaran Desa Karangrejo di Kecamatan Grobogan, Dusun kecil disisi utara Kota Purwodadi yang di huni sekitar 200 KK ini menjadi langganan banjir setiap musim penghujan tiba. Menjelang musim penghujan tahun ini masyarakat Dusun Sekaran mulai mempersiapkan diri dan semua tertuju pada Sungai Karangrejo yang berada di tengah tengah pemukiman mereka. Sungai sepanjang 2 km ini pada saat musim penghujan kerap melimpas hingga menggenangi rumah warga.

Pemerintah Kabupaten Grobogan dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Grobogan dibantu Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pemeliharaan Jalan dan Irigasi Wilayah Grobogan yang sudah tanggap akan kondisi ini segera bertindak cepat dengan membersihkan sampah yang berada di sekitar Sungai Karangrejo. Selain menumpuk di sungai dan menghambat aliran air, sampah juga memenuhi bangunan bendung sekaran yang berada di hilir dari sungai Karangrejo. Kepala UPTD wilayah Grobogan beserta jajarannya turun langsung untuk menyingkirkan dan membersihkan sampah-sampah tersebut. Hasilnya memang luar biasa sungai menjadi lebih bersih tanpa sampah dan lebih enak dipandang mata. Kegiatan ini menjadi wujud dan bukti komitmen Dinas PUPR untuk terus memberikan palayanan terbaik ke tengah-tengah masyarakat Dengan kondisi ini diharapkan aliran air lebih lancar dan tidak menggenangi lagi perumahan warga. Pekerjaan sederhana yang memberikan manfaat langsung ke masyarakat.

 

 

Go to top