mukaKamis, 25 September 2014 , Dinas Bina Marga bekerja sama dengan Bank Jateng Cabang Purwodadi melaksanakan aksi penanaman ratusan pohon di turus jalan antara Godong sampai Klambu. Kegiatan ini juga disponsori oleh Water Park Logam Mulia, KSP Logam Mulia serta Mulia Mart Godong. Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Bina Marga Kab.Grobogan Ir. Nurwanto,MM. Asisten Bupati Bidang Ekonomi, Dasuki, SH,MM. , Pimpinan Bank Jateng Cabang Purwodadi Sutrisno,Ketua Komisi C DPRD Kab.Grobogan H.Eko Budi Santoso, Pimpinan WaterPark Logam Mulia Klambu dan Mulia Mart Godong Arif, Dinas Perhubungan, Informasi dan Komunikasi Kab.Grobogan. BAPPEDA Kab.Grobogan, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab.Grobogan, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kab.Grobogan dan Kepala Bagian Pembangunan Setda Kab.Grobogan.

Menurut Ketua Panitia Endang Sulistyoningsih,ST.MT. yang didampingi Sekretaris Dinas Bina Marga Kab.Grobogan Ir.Een Endarto, MM. Kegiatan tersebut bertujuan untuk terwujudnya model penghijauan di ruang milik jalan (Rumija) dan ruang manfaat jalan (Rumaja) di jalan Godong Klambu secara bertahap.

Pola ini juga akan diterapkan pada beberapa peencanaan peningkatan jalan dan jembatan yang beum ada turus jalannya sehingga secara bertahap permasalahan belum terwujudnya turus jalan pada rumaja dan rumija dapat teratasi.

Selain itu dari segi lingkungan manfaat penghijauan adalah memberi jaminan pengadaan RTH menjadi bagian dari sistem sirkulasi udara (paru-paru kota), sebagai pengatur iklim mikro agar sirkulasi udara dan air secara alami dapat berlangsung lancar, sebagai peneduh dan produsen oksigen serta penyerap air hujan. Kegiatan transportasi yang menggunakan jalan dapat menimbulkan dampak pencemaran udara yang berasal dari emisi gas kendaraan. Salah satu sisa hasil dari hasil pembakaran tersebut adalah CO2 (Karbondioksida) yang dapat mengakibatkan efek rumah kaca dn berujung pada pemanasan global (Global Warming) sehingga pembangunan jalan harus menghindari kawasan lindung, adanya penyusunan dokumen lingkungan serta memanfaatkan sebagian lahan ruang milik jalan untuk penghijauan. Menciptakan keindahan, mengurangi kebisingan, menghilangkan silau, mengarahkan jalan, menahan benturan dan mencegah erosi.

Panitia berharap kegiatan ini dapat berlanjut sampai ke daerah-daerah lain di kabupaten Grobogan, sehingga slogan “GROBOGAN BERSEMI“ benar-benar terwujud.

 

Go to top