pembangunan jalanProgram  TMMD (TNI Manunggal Masuk Desa) Karya Bhakti Mandiri selama 21 hari di Desa Tahunan, Kecamatan Gabus telah selesai dilaksanakan. Penutupan program pembangunan infrastruktur oleh TNI yang bersinergi bersama masyarakat itu dilakukan Bupati Grobogan Bambang Pudjiono, dengan disaksikan Dandim 0717/Purwodadi Letkol Inf. Jaelan, ketua DPRD Sri Sumarni,  Waka Polres Kompol Wiyono Eko, serta perwakilan forum komunikasi pimpinan daerah (FKPD), serta kepala dinas Instansi terkait, beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan tersebut Bupati menyampaikan bahwa Pemkab berterima kasih kepada jajaran Kodim 0717 Purwodadi yang telah bekerja semaksimal mungkin untuk membantu masyarakat desa Tahunan.

”Program TMMD dimaksudkan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di daerah terutama daerah tertinggal atau terpencil. Sehigga meningkatkan perekonomian masyarakat desa,” kata Bupati.

Dandim Letkol Inf. Jaelani menambahkan, Karya Bhakti seperti ini perlu dilakukan selain untuk percepatan pembangunan Insfrastruktur juga membuka jalur-jalur ekonomi yang ada di daerah pinggiran.

”Ini sangat berguna sekali untuk kepentingan rakyat banyak, dan di masa perang, jalur-jalur yang telah kita bangun ini sebagai dorlog (dorongan Logistik),” kata Dandim.

Dalam pembangunan jalan desa tersebut, pihaknya juga berkoordinasi dengan wilayah tetangga seperti Blora karena wilayah Desa Tahunan ini berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Blora. Sehingga pengecoran yang dikerjakan bisa menyambung dengan wilayah tetangga.

”Kegiatan ini sebagai wujud kerjasama atau kemanunggalan TNI dengan rakyat yang sama-sama bekerja untuk melaksanakan percepatan pembangunan. Pasalnya, TNI berasal dari rakyat dan bekerja untuk kepentingan rakyat,” terang dia.

Hasil yang dicapai dalam Karya Bhakti Mandiri jalan sepanjang 600 meter, rehab rumah tidak layak huni dua buah, pembangunan Pos Kamling dua Buah dan Rehap Mushola satu Buah. Penutupan Karya Bhakti TNI dilaksanakan di Balai Desa Tahunan itu, juga menggelar Bhakti Sosial Kemasyarakatan berupa Pasar murah, Khitanan Massal, Pengobatan Gratis, pemberian bantuan beras kepada 100 orang yang kurang mampu dan pelayanan KB Gratis.

”Kegiatan TMMD di desa-desa sangatlah diharapkan oleh masyarakat. Program TMMD sangat membantu percepatan pembangunan di Kabupaten Grobogan,” kata ketua DPRD Sri Sumarni.

Terpisah Kepala Desa Tahunan Bapak Yuslan mengatakan, program TMMD bisa membantu warga Desa untuk akses ekonomi dengan adanya pembangunan jalan .

”Kami warga Desa Tahunan berterima kasih kepada TNI khusunya Koramil 11 / Sulursari yang telah mengorbankan segalanya untuk kemajuan Desa. Kedepan harapan kami Program Karya Bhakti TNI mandiri ini bisa berlanjut sehingga pembangunan di Desa yang merata akan dapat terwujud,” tandasnya.

 

 

Go to top